personal site

17 Juli, 2011

YESUS:”BERJUANGLAH UNTUK MASUK MELALUI PINTU SEMPIT ITU”.

YESUS:”BERJUANGLAH UNTUK MASUK MELALUI PINTU SEMPIT ITU”.

“Banyak orang akan berusaha untuk masuk, tetapi tidak akan dapat”, kata Yesus. Ups!!! Artinya untuk masuk Kerajaan Surga tidak serta merta gampang. Semua orang yang akan masuk, harus berjuang keras, karena yang akan dilalui itu sempit. Oleh karena itu sering muncul pertanyaan :” Tuhan, sedikit sajakah orang yang akan diselamatkan?”

Jawaban Yesus atas pertanyaan ini mengandung beberapa unsur:

0)Unsur pertama berisi sebuah penegasan bahwa pintu menuju keselamatan itu sempit. Mengapa demikian? Pintu menuju keselamatan itu sempit karena keselamatan adalah status kesempurnaan, sesuatu yang nilai sangat luhur, bukan sebaliknya. Tidak cukup denan mengatakan Tuhan-Tuhan kalau mati lalu masuk Kerajaan Surga. Ups! Sulit sekali.

0)Unsur kedua menyangkut penjelasan Yesus bahwa orang harus berjuang untuk mencapai keselamatan. Untuk memperoleh suatu hal yang bernilai tinggi harus berjuang keras. Semakin tinggi nilai yang akan kita raih, semakin keras upaya kita guna memperolehnya.

0)Unsur ketiga berisi penegasan Yesus bahwa pintu menuju keselamatan itu sangat tertutup untuk orang jahat, walau mereka mengaku beriman kepada Allah.

Jalan menuju surga

Hal ini ditunjukkan dengan kata-kata mereka seperti ini:” Kami telah makan dan minum di hadapan-Mu dan Engkau telah mengajar di jalan-jalan kota kami. Lalu jawab Yesus pula: “ Aku tidak tahu dari mana kamu datang, enyahlah dari hadapan-Ku, hai kamu sekalian yang melakukan kejahatan”.

Sebaiknya perikop kali ini kita renungakn secara mendalam, agar kita tahu persis bagaimana menggapi Kerajaan Surga di mana Allah yang kudus bertahta. Allah hanya menghendaki mereka yang suci saja yang boleh masuk Kerajaan Surga. Jadi tidak ada ceritera orang jahat akan masuk ke tempat yang kudus, sebelum mereka disucikan terlebih dahulu.

Demikian renungan singkat hari, God bless you all.

Doa,

Ya, Bapa, teguhkan imanku agar tidak takut untuk berjuang keras guna mencapai tahap akhir hidupku dalam suasa kudus, amin.
;.